Preview Euro 2020: Belanda, Unggulan yang Kini Diragukan

Timnas Belanda - Instagram @memphisdepay
08 Juni 2021 20:37 WIB Chrisna Chaniscara Piala Eropa Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Timnas Belanda adalah langganan status unggulan di kejuaraan-kejuaraan besar. De Oranje, julukan Belanda, pernah tiga kali meraih posisi runner up Piala Dunia.

Di ajang Euro, Belanda sukses keluar sebagai juara pada 1988 dan empat kali duduk di posisi ketiga. Namun predikat sebagai tim yang ditakuti mendadak luntur saat mereka gagal terkualifikasi ke Euro 2016 dan Piala Dunia 2018.Lolosnya mereka ke fase final Euro 2020 berpeluang menjadi pembuktian bahwa Belanda masih layak diperhitungkan.

Raihan runner up di edisi perdana UEFA Nations League beberapa waktu lalu menjadi salah satu modal Tim Oranye untuk melaju sejauh mungkin di Euro. Pada Euro 2020, tim asuhan Frank De Boer bakal menghadapi para kuda hitam seperti Austria, Ukraina dan Makedonia Utara.

Di atas kertas, Belanda punya kualitas di atas ketiga pesaingnya. Namun melihat materi tim yang minim pemain tenar, Belanda bisa saja kesulitan untuk lolos dari fase grup. Daley Blind dkk. bahkan sempat dipermak Turki 2-4 pada Kualifikasi Piala Dunia Maret lalu. Mayoritas skuat Belanda kini memang diisi pemain dari liga lokal seperti Denzel Dumfries, Steven Berghuis, Ryan Gravenberch hingga Owen Wijndal. Mereka kehilangan bintang di lini pertahanan, Virgil Van Dijk, yang masih cedera.

Kapasitas Frank De Boer untuk mencapai target semifinal di Euro 2020 pun menyisakan sedikit keraguan. Sebelum melatih Belanda per September 2020, dia hanya menukangi tim sekelas Atlanta United. De Boer bahkan sempat hancur-hancuran ketika membesut Crystal Palace. Potensi instabilitas di De Oranje dapat dimanfaatkan tim seperti Ukraina yang tengah on fire. Tim asuhan Andriy Shevchenko lolos ke Euro dengan status juara Grup B. Ukraina mencatat enam kemenangan tanpa sekalipun kalah di delapan laga kualifikasi.

Kekuatan Ukraina tak lepas dari keberadaan pemain macam Oleksandr Zinchenko (Manchester City) dan Ruslan Malinovskiy (Atalanta) yang juga tampil cemerlang bersama klubnya. Austria yang 90% skuatnya diisi pemain dari Bundesliga juga berpeluang memberi perlawanan sengit. Austria membawa pemain terbaiknya macam David Alaba, Marko Arnautovic dan Marcel Sabitzer. Sementara itu Makedonia Utara bisa mengejutkan dalam keikutsertaan perdananya di ajang Euro. Tim asuhan Igor Angelovski tentu ingin membuktikan bahwa mereka tak lolos secara kebetulan. Mereka punya modal pemain yang tampil di kompetisi elit Eropa seperti Eljif Elmas, Enis Bardhi, Ezgjan Alioski dan striker senior, Goran Pandev.

Sumber : JIBI/Solopos