Southgate Beberkan Alasan Pilih Ben White Masuk Timnas

Pelatih Inggris, Gareth Southgate - Reuters
08 Juni 2021 21:27 WIB Newswire Piala Eropa Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, memanggil Ben White ke dalam skuad untuk ajang Euro 2020. White menggantikan Trent Alexander-Arnold yang mengalami cedera pada laga uji coba kontra Austria pekan lalu.

Ben White bukan nama yang asing bagi Southgate. Dia merupakan pemain yang masuk ke dalam daftar cadangan Timnas Inggris untuk ajang Euro namun tak diboyong ketika Southgate memangkas timnya menjadi 26 pemain.

Pesepakbola asal klub Brighton and Hove Albion itu kabarnya dihubungi langsung oleh Southgate untuk bergabung dengan Timnas Inggris. Dia pun langsung menyatakan sangat bahagia dengan kesempatan tersebut.

"Lebih dari bangga dan terhormat, saya akan memberikan segalanya," tulis White di media sosial twitter pada Senin kemarin, 7 Juni 2021.

Southgate sebenarnya memiliki pilihan untuk memanggil Ben Godfrey, Aaron Ramsdale dan Olie Watkins untuk mengisi posisi bek sayap kiri. Akan tetapi dia lebih memilih White yang tampil apik bersama Brighton musim lalu. Dia bahkan mengalahkan bek Manchester United Aaron Wan-Bissaka yang biasanya menjadi langganan Timnas Inggris.

Ben White tercatat tampil 36 kali di Liga Inggris musim lalu setelah kembali ke Brighton setelah sebelumnya dipinjamkan ke Leeds United. Dia mampu membawa pasukan Burung Camar lolos dari zona degradasi dengan menempati posisi ke-16 klasemen akhir.

Performa apik White membuat dirinya disebut menjadi incaran Manchester United pada bursa transfer musim panas ini. Manajer Ole Gunnar Solskjaer menginginkan tambahan tenaga di lini belakang timnya dan Kapten Harry Maguire kabarnya  merekomendasikan pesepakbola berusia 23 tahun itu.

Southgate sendiri sebenarnya tak kekurangan opsi untuk posisi bek sayap kanan. Selain Trent Alexander-Arnold yang cedera, mantan pemain Aston Villa itu sebelumnya juga telah memanggil Kyle Walker dan Reece James.

Menurut Sky Sports, satu hal yang menjadi pertimbangan Southgate memanggil White adalah karena dia bisa bermain di berbagai posisi. Selain sebagai bek sayap kanan, White juga piawai bermain sebagai bek tengah dan gelandang bertahan.

Memiliki pemain yang bisa ditempatkan di berbagai posisi merupakan sebuah keuntungan dalam turnamen seperti Piala Eropa 2020. Pasalnya, jika turnamen telah dimulai setiap tim tak akan dapat lagi melakukan perubahan di dalam skaudnya. Artinya, jika ada pemain yang mengalami cedera, mereka tak bisa memanggil pemain tambahan.

Peraturan Euro 2020 menyebutkan bahwa setiap tim masih memiliki kesempatan melakukan perubahan skuad hingga laga pertama digelar pada Sabtu besok. Timnas Inggris sendiri akan menghadapi Timnas Kroasia pada laga pertama penyisihan Grup D Minggu mendatang.

Sumber : Bisnis Indonesia