Data dan Fakta Menarik Tim Turki sebelum Hadapi Italia

Pemain Timnas Turki, Hakan Calhanoglu - Daily Sabah
10 Juni 2021 21:27 WIB Andhika Anggoro Wening Piala Eropa Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Turki hadir di Piala Eropa 2020 sebagai favorit di Grup A. Berisikan pemain-pemain yang hadir di Liga Top Eropa, Turki diprediksi bisa melangkah jauh di Euro 2020.

Menghadapi Italia di pertandingan pertama Grup A, Turki diprediksi bisa menyulitkan Gli Azzurri yang tampil di Stadion Olimpico, Sabtu (12/6/2021).

Ditangani Senol Gunez, Turki diperkirakan bakal tampil impresif di Euro 2020 kali ini.

Berikut fakta menarik Turki di Piala Eropa jelang lawan Italia:

Ini adalah penampilan kelima Turki di Piala Eropa UEFA, setelah melakukan debut pada tahun 1996. Prestasi Turki yaitu mencapai perempat final UEFA EURO 2000 dan semifinal Piala Eropa 2008 tetapi gagal lolos ke turnamen pada 2004 dan 2012.

Empat tahun lalu, Turki yang dilatih Fatih Terim hanya finis di posisi ketiga di belakang Kroasia dan Spanyol, sehingga gagal kei babak 16 besar.

Prestasi lolos hingga Semifinal 2008 melawan Jerman di Basel, Swiss – Turki kalah 3-2 – menyamai pencapaian internasional terbesar mereka yang meraih medali perunggu di Piala Dunia FIFA 2002 setelah mengalahkan tuan rumah bersama Korea Selatan di perebutan tempat ketiga.

Turki lolos ke UEFA EURO 2020 dengan menempati posisi kedua di Grup H di belakang juara dunia Prancis, mengumpulkan 23 poin dari sepuluh pertandingan. Empat dari poin tersebut datang melawan Les Bleus (2-0 h, 1-1 a), gol lawan Prancis satu-satunya kebobolan Turki dalam enam kualifikasi terakhir mereka.

Pasukan Senol Günez hanya kebobolan tiga gol di babak kualifikasi, rekor pertahanan terbaik bersama Belgia. Mereka mencatatkan delapan clean sheet – lebih banyak dari tim lain mana pun.

Ini adalah pertandingan kedua Turki di Roma; mereka lolos ke Piala Dunia 1954 dengan bermain imbang 2-2 melawan Spanyol di Olimpico pada 17 Maret tahun itu, lolos setelah undian.
 

Sumber : Bisnis Indonesia