Busquets Tetap Masuk Timnas Spanyol untuk Euro 2020 Meski Kena Covid-19

Sergio Busquets - Reuters/Vasily Fedosenko
11 Juni 2021 17:47 WIB Newswire Piala Eropa Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Luis Enrique akhirnya memutuskan untuk tidak mencoret nama Sergio Busquets dari Timnas Spanyol untuk ajang Euro 2020.

Pelatih yang pernah bermain dan melatih FC Barcelona itu memilih untuk menunggu gelandang Barcelona itu pulih ketimbang memasukkan nama baru ke dalam skuadnya.

"Saya akan menunggu dia. Kami memiliki waktu yang cukup, Busquet pasti akan tetap ada dalam daftar pemain kami," kata Enrique dalam konferensi pers terbarunya.

Sergio Busquets divonis positif Covid-19 sehari setelah Timnas Spanyol menjalani alga uji coba kontra Portugal pada akhir pekan lalu. Dia pun langsung dikeluarkan dari kamp pemusatan latihan Tim Matador untuk mencegah terjadinya penyebaran secara masif.

Pada Selasa lalu, bek Diego Llorente juga dinyatakan positif Covid-19 dan terpaksa harus meninggalkan kamp pemusatan latihan. Timnas Spanyol sempat memanggil sejumlah pemain baru untuk mengantisipasi harus absennya dua pemain tersebut.

Mereka bahkan disebut telah menyiapkan skema terburuk harus menurunkan tim U-21 jika terjadi penyebaran lebih lanjut. Namun RFEF, organisasi sepakbola Spanyol, memastikan tak ada kasus baru dalam skuad mereka.

Enrique tak menyinggung soal nasib Llorente. Hanya saja dia memastikan Busquets saat ini dalam kondisi baik dan terus melakukan latihan secara mandiri.

"Busquets dalam kondisi sempurna. Dia tak memiliki gejala, dia terus berlatih di rumah dan melakukan pekerjaannya. Kami terus berkomunikasi dengan dia dan dia melakukan pekerjaan yang luar buasa. Kami berharap tak ada kejutan dan tak ada hal lainnya," kata Enrique.

Di ajang Euro 2020, Timnas Spanyol tergabung di Grup E bersama Swedia, Polandia dan Slovakia. Mereka akan melakoni laga pertama pada Selasa pekan depan, 15 Juni 2021 melawan Swedia. Sergio Busquets kemungkinan besar harus absen pada laga itu jika belum dinyatakan negatif Covid-19.

Sumber : Bisnis Indonesia