Morata Dicemooh, Enrique Pasang Badan

Penyerang Timnas Spanyol Alvaro Morata. - Reuters/Sergio Perez
16 Juni 2021 06:37 WIB Newswire Piala Eropa Share :

Bisnis.com, JAKARTA - Alvaro Morata menjadi sasaran cemoohan setelah laga Spanyol melawan Swedia di ajang Euro 2020 berakhir imbang 0-0. Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique, meminta suporter tetap memberikan dukungan kepada Morata.

Enrique menilai Morata bermain baik pada laga itu. Menurut dia, seorang pemain tak bisa dinilai hanya karena dia membuang kesempatan mencetak gol.

"Saya kira Alvaro bermain dengan baik. Tentu saja kita semua ingin memanfaatkan peluang, tetapi pemain lain juga membuang peluang," kata Enrique usai pertandingan. "Saya kira itu hal yang biasa, tentu saja kami ingin melihat dukungan dari suporter."

"Itulah sepak bola, sangat menyenangkan jika kami mempersembahkan kemenangan untuk suporter karena mereka memberikan dukungan sepanjang pertandingan hari ini."

Enrique juga menilai anak asuhnya bermain dengan sangat baik pada laga itu. Mereka mendominasi pertandingan melawan Swedia yang memilih untuk bermain bertahan. Dia pun menyatakan akan melakukan analisa terhadap performa Timnas Spanyol agar bisa mendapatkan hasil lebih baik pada laga berikutnya.

"Jelas kami tampil jauh lebih baik dari mereka. Lawan mencoba bertahan, kami sepenuhnya mengontrol pertandingan dan menciptakan sebanyak mungkin peluang," kata Enrique.

"Kami memiliki peluang cukup banyak untuk memenangkan laga ini. Apa yang salah? Kami tak mampu memanfaatkan peluang itu. Itu sangat jelas dan kami menyadarinya."

Alvaro Morata mendapatkan kritikan pedas dari media-media Spanyol setelah membuang peluang emas mencetak gol pada laga tersebut. Media Mundo Deportivo misalnya, menilai Morata menyianyiakan kesempatan pada menit ke-38 untuk menjebol gawang Swedia yang pernah dia jebol dua tahun lalu di ajang UEFA Nations League.

"Alvaro Morata masih tak bisa mencetak gol di muka gawang. Penyerang dari Madrid telah dipilih oleh Luis Enrique untuk menjadi ujung tombak Spanyol dan, meskipun dia mencetak gol pada level tinggi di laga sebelumnya melawan Swedia, dia telah membuang kesempatan yang paling bagus di pertandingan itu pada menit ke-38," tulis Mundo Deportivo.

Pada laga tersebut, Alvaro Morata memang mendapatkan peluang emas setelah mendapatkan umpan silang dari Jordi Alba yang gagal diantisipasi oleh pemain belakang Swedia. Akan tetapi Morata juga tak bisa menyambut umpan Alba itu dengan tepat.

Hasil imbang laga Spanyol vs Swedia membuat kedua tim sama-sama mengantongi satu angka di klasemen Grup E Euro 2020. Mereka tertinggal dari Slovakia yang pada laga lainnya secara mengejutkan menang 2-1 dari Polandia. Pada laga selanjutnya Timnas Spanyol akan menghadapi Polandia sementara Swedia menantang Slovakia.

Sumber : JIBI/Bisnis.com