Meski Gagal di Penalti, Gareh Bale Berperan Penting Antar Wales Kalahkan Turki

Para pemain Wales merayakan gol kedua ke gawang Turki. - UEFA.com
17 Juni 2021 01:27 WIB M. Syahran W. Lubis Piala Eropa Share :

Bisnis.com, JAKARTA – Wales membuka jalan lolos ke 16 besar setelah menang dengan skor 2–0 atas Turki dalam pertandingan Grup A Euro 2020 di Stadion Olimpiade Baku di Baku, Azerbaijan, Kamis (17/6/2021) dini hari WIB.

Gol pembuka terjadi pada babak pertama yang dicetak oleh Aaron Ramsey. Gelandang yang sehari-hari merumput bersama klub Serie A Juventus itu menjebol gawang Turki pada menit ke-42.

Dia mencetak gol ke gawang Turki yang dikawal kiper Ugurcan Cakir setelah menerima umpan dari kapten Wales Gareth Bale.

Sebelum gol terjadi sejumlah peluang tercipta dari kedua tim yang bermain relatif berimbang, tapi Ramsey baru memecah kebuntuan menjelang wasit Artur Soares Dias asal Portugal mengakhiri pertarungan babak pertama.

Pada babak kedua, ketika pertandingan berjalan tepat 1 jam, Gareth Bale mestinya dapat menggandakan keunggulan Wales. Namun, eksekusi penaltinya melebar dan melayang dari bidang gawang.

Wasit menetapkan penalti untuk keuntungan Wales setelah pemain Turki Zeki Celik melanggar Gareth Bale di area terlarang.

Gol kedua akhirnya datang ketika injury time babak kedua telah berjalan 5 menit melalui Connor Roberts dan Bale kembalimemasok assist.

Dengan kemenangan ini, Wales sekarang mengoleksi nilai 4 dan memimpin klasemen sementara, diikuti Italia 3, Swiss 1, dan Turki 0.

Italia akan bertarung dengan Swiss pada Kamis (17/6/2021) mulai pk. 02.00 WIB. Jika Italia menang, kepemimpinan klasemen sementara Grup A beralih kembali ke Italai yang merupakan favorit juara.

Kekalahan ini membuat Turki sulit lolos ke babak 16 besar. Meski demikian, peluang mereka ke fase knock out masih terbuka jika mampu menaklukkan Swiss di matchday terakhir dengan syarat Swiss maksimal seri ketika meladeni Italia.

Sebanyak 24 tim akan berebut juara. Ke-24 tim itu dibagi menjadi enam grup dengan setiap grup berisi empat kontestan. Dua tim teratas di klasemen akhir setiap grup langsung lolos ke fase knock out 16 besar, ditambah dengan empat tim peringkat ketiga terbaik.

Sumber : JIBI/Bisnis.com