Grup C Euro 2020, Statistik, Prediksi dan Preview Ukraina vs Makedonia Utara

Pemain Ukraina Roman Yaremchuk (nomor 9) menyundul bola ke gawang Belanda pada laga perdana Grup C Euro 2020 - Twitter/@EURO2020
17 Juni 2021 15:57 WIB Newswire Piala Eropa Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Matchday kedua Grup C Euro 2020 akan digelar pada hari ini. Sebagai laga pembuka, Ukraina dan Makedonia Utara akan bertemu di stadion National Arena Bucharest, Rumania, Kamis (17/6/2021) pukul 20.00 WIB.

Kedua negara pada matchday pertama kebobolan pada menit-menit terakhir dan akhirnya kalah. Ukraina menyerah 2-3 kepada Belanda, sedangkan Makedonia Utara takluk 1-3 kepada Austria.

Dengan demikian, baik Ukraina dan Makedonia Utara wajib menang untuk menjaga asa lolos ke fase berikutnya. Jika kala, maka tim tersebut otomatis akan tersingkir dari turnamen empat tahunan ini.

Dilansir Antara, memang masih ada peluang menjadi salah satu dari empat tim berperingkat tiga terbaik, tetapi terlalu bahaya berharap pada opsi ini. Oleh karena itu, pertandingan kedua antara kedua tim nanti, seperti diakui oleh pelatih Makedonia Utara Igor Angelovski, adalah pertandingan final.

Bedanya, Ukraina yang bercatatan lebih mengkilap sebelum mengarungi putaran final Euro 2020 ketimbang Makedonia Utara, mungkin menjadi pihak yang paling tertekan. Sebaliknya, debutan Makedonia Utara menghadapi ‘pertandingan final’ ini dengan perasaan tak berbeban.

“Kami merasa tidak ada tekanan apa pun, sebaliknya Ukraina akan kecewa sekali jika gagal mencapai fase knockout,” kata Angelovski dalam jumpa pers satu hari sebelum laga ini digelar, seperti dikutip Reuters.

Sewaktu menghadapi Austria, Makedonia Utara yang baru merasakan atmosfer bertanding dalam turnamen besar, memaksa lawannya yang jauh lebih familiar dengan putaran final Euro untuk menggantungkan kemenangannya kepada dua gol dalam 12 menit terakhir setelah bisa membalas manakala Austria unggul pada 18 menit pertama pertandingan.

Makedonia Utra pun siap melakukannya kembali saat melawan Ukraina, dengan formasi yang kemungkinan tak akan diubah banyak oleh Angelovski, kecuali mungkin memasang lebih awal striker Ivan Trickovski ketimbang Aleksandar Trajkovski.

Mengingat ini keikutsertaan Euro pertama bagi negara yang merdeka 1991 menyusul pecahnya Yugoslavia tersebut, euforia karena berhasil menembus putaran final turnamen besar masih terasa besar sehingga kekalahan 1-3 melawan Austria pun tak membuat mereka kecewa terus menerus.

Gairah mereka masih sangat besar. Semangat tim, kata bek Stefan Ristovski, tetap tinggi. “Kami tak boleh membiarkan satu kekalahan menenggelamkan suasana hati kami,” kata Ristovski.

Klaim Makedonia Utara ini ada benarnya, mengingat Ukraina terlihat lebih terpukul karena dikalahkan oleh gol Denzel Dumfries lima menit sebelum laga berakhir, apalagi perjalanan mereka ke putaran final sangatlah mengesankan. Bukan hanya juara grup kualifikasi, tetapi oleh permainan atraktif dari skuad muda mereka yang ambisius.

Mereka ingin cepat-cepat melepas kutukan fase grup Euro karena tidak pernah menangkan enam laga fase grup kejuaraan yang sama terdahulu. Pada partisipasi ketiga dalam putaran final Euro ini, Ukraina tak ingin lagi berhenti pada fase grup.

“Banyak dari anak-anak ini merasa seperti berada dalam kapal yang kosong setelah laga melawan Belanda itu, kita lihat saja nanti berapa banyak dari mereka yang cukup pulih untuk menjalani laga melawan Makedonia Utara,” kata Shevchenko.

Baca Juga : Pandev Ukir Rekor, Ini 5 Fakta Pertandingan Austria vs Makedonia Utara

Shevchenko mengaku sudah mempelajari Makedonia Utara dari rekaman pertandingan negara itu saat menghadapi Austria, selain juga mengevaluasi titik-titik lemah timnya saat dikalahkan Belanda. “Kami harus memanfaatkan betul setiap peluang yang ada,” tandas Shevchenko.

Mungkin salah satu kekuatan besar yang bisa membedakan Ukraina dari Makedonia Utara adalah energi bangkitnya. Mereka sudah tertinggal 0-2 dari tim berpengalaman Belanda, tapi masih bisa menyamakan kedudukan 2-2, sebelum dibungkam Dumfries.

“Kami akan bermain dengan energi yang sama,” janji kapten Andriy Yarmolenko yang mencetak salah satu gol Ukraina ke gawang Belanda.

Prediksi Sebelas Pemain Pertama

Ukraina: Georgiy Bushchan; Oleksandr Karavaev, Ilya Zabarnyi, Mykola Matviyenko, Vitaly Mykolenko; Oleksandr Zinchenko, Sergiy Sydorchuk, Ruslan Malinovskyi; Andriy Yarmolenko, Roman Yaremchuk, Oleksandr Zubkov

Makedonia Utara: Stole Dimitrievski; Stefan Ristovski, Visar Musliu, Darko Velkovski, Ezgjan Alioski; Boban Nikolov, Arijan Ademi, Enis Bardhi; Eljif Elmas, Goran Pandev, Aleksandar Trajkovski

Grup C

Austria vs Makedonia: 3-1 

Belanda vs Ukraina: 3-2

Tim MainMenangKalahSeriGolKemasukanSelisih GolPoin
Austria11003123
Belanda11003213
Ukraina101023-10
Makedonia Utara101013-20

Sumber: UEFA

Sumber : Bisnis Indonesia