Vieira Masih Ragu Italia Bisa Juarai Euro 2020

Patrick Vieira - Reuters/Jean-Paul Pelissier
17 Juni 2021 18:57 WIB Oktaviano DB Hana Piala Eropa Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Italia menjadi negara pertama yang memastikan lolos ke babak 16 besar putaran final Euro 2020. Hal itu dipastikan saat Italia menang 3-0 atas Swiss pada matchday kedua Grup A Euro 2020, Kamis (17/6/2021) dini hari WIB.

Dalam laga itu, dua gol Manuel Locatelli dan satu gol Ciro Immobile di penghujung pertandingan memastikan kemenangan Italia. Gli Azzuri sejauh ini telah melakoni dua laga dengan menjaringkan enam gol dan nihil kebobolan setelah pada matchday pertama mengalahkan Turki juga dengan 3-0.

Namun, hasil positif itu belum membuat mantan pemain timnas Prancis Patrick Vieira yakin Italia mampu melaju lebih jauh di pentas Euro 2020. Dilansir Football Italia, mantan gelandang Juventus dan Inter itu bahkan meragukan Italia bisa sukses dalam turnamen empat tahunan tersebut.

Alasannya, Italia masih kekurangan intensitas dalam bermain. Pasukan Roberto Mancini, kata dia, juga masih minim kekuatan dan kecepatan dalam dua laga awal tersebut.

“Saya pikir dua pertandingan pertama yang mereka mainkan adalah dua pertandingan yang mudah,” kata Vieira kepada ITV setelah pertandingan.

Pemain yang pernah membawa Prancis juara dunia dan juga juara Eropa itu menilai masih terlalu dini untuk mempertimbangkan Italia sebagai salah satu kandidat yang bisa maju ke final dan bahkan menjuari Euro 2020.

“Tentu saja… Anda harus [mengalahkan] apa yang ada di depanmu, tapi saya masih ragu mereka bisa sampai akhir. Saya percaya bahwa mereka kurang intensitas, kurang tenaga, kecepatan, bahkan lebih berbahaya ke depan, jadi saya masih akan menunggu," ujarnya.

Sebelumnya, pelatih Italia Roberto Mancini menolak bila timnya dijadikan favorit juara Euro 2020 di depan sejumlah tim unggulan lain. Padahal, anak asuhnya menjadi yang pertama memastikan diri lolos ke babak selanjutnya.

Kepastian itu diperoleh setelah Italia menang telak atas Swiss, 3-0, pada matchday kedua Grup A Euro 2020 yang digelar di stadion Olimpico in Rome, Roma, Italia. Gli Azzuri menjadi satu-satunya negara dari empat tim di Grup A Euro 2020 yang telah mengoleksi enam poin.

Mancini menyebut Prancis, Portugal, dan Belgia berada di depan Italia dalam hal favorit juara Euro 2020. 

"Prancis, Portugal dan Belgia semuanya ada di Euro. Satu adalah juara dunia, satu adalah juara Eropa dan yang lainnya menduduki peringkat nomor satu dunia," kata Mancini dalam konferensi pers.

Sumber : Bisnis Indonesia