Kalah 2 Kali, Pelatih Denmark: Kami Belum Selesai di Euro 2020

Pemain Belgia Kevin De Bruyne menggempur pertahanan timnas Denmark - Twitter/@EURO2020
18 Juni 2021 11:17 WIB Oktaviano DB Hana Piala Eropa Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pelatih tim nasional Denmark Kasper Hjulmand menegaskan bahwa kendati sudah dua kali kalah, timnya masih memiliki peluang untuk melanjutkan perjalanan di Euro 2020.

Denmark dikalahkan Belgia dengan skor 1-2 di hadapan publik sendiri di Parken Stadium, Copenhagen, Denmark, Kamis (17/6/2021) tengah malam WIB. Sebelumnya di tempat yang sama, Denmark kalah 0-0 dari Finlandia sehingga menyisakan satu pertandingan terakhir di Grup B Euro 2020 yakni menghadapi Rusia. 

Dalam konferensi pers usai laga, Hjulmand menjelaskan anak asuhnya telah mengambil pelajaran dari pertandingan dengan Belgia. Timnya kini fokus untuk menghadapi Rusia di laga grup terakhir.

"Kami dapat mengambil banyak hal dari pertandingan ini. Sekarang kami akan menutup yang ini. Saya sudah memikirkan Rusia. Kami belum selesai di turnamen ini," ujarnya seperti dilansir uefa.com.

Hjulmand meminta maaf kepada pendukung Denmark atas hasil tersebut. Dia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan luar biasa yang diterima timnya saat berlaga di stadion.

"Kami merasakan dukungan yang sangat besar dari orang-orang, dari semua orang yang mengikuti kami, seluruh stadion ini dan semua orang yang kami temui dan rasakan cintanya. Itulah yang akhirnya terjadi," ungkapnya.

Dalam laga melawan Belgia, Denmark sebenarnya unggul lebih dahulu melalui gol cepat Yussuf Poulsen yakni pada menit ke-2. Setelah memanfaatkan umpan kunci atau assist Pierre-Emile Hoejbjerg, Poulsen melepaskan tendangan kaki kanan yang tak dapat dihalau kiper Thibaut Courtois.

Belgia baru mampu mencetak gol pada babak kedua. Saat awal babak kedua, pelatih Belgia Roberto Martinez memasukkan Kevin De Bruyne untuk menggantikan Dries Mertens.

Masuknya De Bruyne pada babak kedua membuat serangan balik Belgia begitu efektif. Bahkan De Bruyne berhasil membuat assist untuk membawa Belgia menyamakan kedudukan.

Berawal dari serangan balik cepat yang diawali pergerakan Romelu Lukaku, De Bruyne dengan cerdik mengirim umpan tarik yang bisa diselesaikan Thorgan Hazard pada menit ke-55.

Kevin De Bruyne

Kevin De Bruyne melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Denmark - Twitter/@EURO2020

Belgia berbalik unggul di pertandingan lima belas menit kemudian. De Bruyne yang menerima assist dari Eden Hazard dengan sempurna menempatkan bola dengan kaki kiri di sudut kanan gawang kiper Denmark Kasper Schmeichel.

Adapun, setelah gol De Bruyne, Denmark bermain menyerang dan mengurung pertahanan Belgia. Namun, pertandingan Denmark vs Belgia berakhir dengan kemenangan Belgia dengan skor 2-1.

Sumber : Bisnis.com