Hungaria Tahan Imbang Prancis dengan Skor 1-1

Pemain Prancis Antoine Griezmann merayakan gol ke gawang Hungaria - Twitter/@EURO2020
20 Juni 2021 02:27 WIB Oktaviano DB Hana Piala Eropa Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pertandingan matchday kedua Grup F Piala Eropa atau Euro 2020 antara Prancis dan Hungaria berakhir dengan skor 1-1.

Bermain di Puskas Arena, Budapest, Hungaria, Sabtu (19/6/2021) malam WIB, Prancis mendominasi sepanjang permainan. Berdasarkan statistik di uefa.com, Les Blues mencatat penguasaan bola hingga 61 persen berbanding 39 persen milik tuan Rumah.

Prancis secara umum mampu melepaskan 15 upaya mencetak gol dengan empat di antaranya mengarah ke gawang, sedangkan sembilan percobaan melebar dan dua diblok.

Sementara itu, kendati terus ditekan Hungaria mampu melepaskan empat upaya mencetak gol dengan tiga di antaranya mengarah ke gawang Prancis. Satu dari upaya itu berbuah gol.

Pada babak pertama, salah satu peluang emas Prancis didapatkan dari Antoine Griezmann yang menyambut bola pantulan atau rebound. Namun, peluang itu mampu dipatahkan kiper Peter Gulácsi yang tampak bermain gemilang dalam pertandingan ini.

Terus ditekan, Hungaria justru mampu mencuri gol yang dicetak oleh Attila Fiola pada penghujung babak pertama, tepatnya pada menit kedua perpanjangan waktu. 

Fiola mampu memanfaatkan umpan satu dua dengan Roland Sallai dan masuk dari sisi kanan pertahanan Prancis dan memperdaya kiper Prancis Hugo Lloris.

Tidak ada tambahan gol hingga wasit asal Inggris Michael Oliver meniup peluit panjang tanda babak pertama selesai.

Memasuki paruh kedua pertandingan, Didier Deschamps memasukkan penyerang sayap Ousmane Dembele untuk menggantikan pemain tengah, Adrien Rabiot pada menit ke-57. Strategi itu tampak membuat serangan Prancis kian hidup.

Pada menit ke-59, Dembele membuat peluang emas dengan menyisir sisi kiri pertahanan Hungaria. Sayang tendangan kerasnya masih membentur tiang dekat.

Akhirnya Griezmann memecah kebuntuan pada menit ke-66. Gol ini diawali pergerakan Mbappe di sisi kanan yang kemudian melepaskan umpan tarik yang sempat membentur pemain Hungaria, tetapi jatuh di kaki Griezmann yang dengan baik melepaskan sepakan yang tak mampu dibendung pemain Hungaria.

Tidak ada lagi gol tercipta hingga akhir babak kedua. Skor akhir imbang 1-1 untuk kedua negara.

Dalam pertandingan ini, Hungaria mengawali laga dengan formasi 3-5-2, dengan mengandalkan Adam Szalai dan Roland Sallai di lini depan. Adam Szalai kemudian diganti Nemanja Nikolic pada menit ke-26.

Prancis

Penyerang Prancis Kylian Mbappe tampak kecewa setelah gagal menjebol gawang Hungaria - Twitter/@EURO2020

Sementara itu, Prancis menerapkan formasi 4-3-1-2, dengan kuartet lini bekang Prancis diisi Benjamin Pavard, Raphael Varane, Presnel Kimpembe, dan Digne. 

Komposisi bek itu berbeda dengan pertandingan pertama dengan Jerman, yang berhasil dimenangi Prancis 1-0 pos bek kiri saat itu diisi Lucas Hernandez.

Trio lini tengah yakni Paul Pogba, N'Golo Kante, Adrien Rabiot pada awalnya masih dipasang oleh Deschamps, sedangkan Antoine Griezmann menyokong Kylian Mbappe dan Karim Benzema di depan.

Susunan Pemain:

Hungaria: Peter Gulácsi; Endre Botka, Willi Orban, Attila Szalai; Adam Nagy; Nego, Laszlo Kleinheisler (Gergo Lovrencsics), Andras Schafer (Tamas Sceri), Attila Fiola; Adam Szalai (Nemanja Nikolic), Roland Sallai

Prancis: Hugo Lloris; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Presnel Kimpembe, Lucas Digne; Paul Pogba (Corentine Tolliso), N'Golo Kante, Adrien Rabiot (Ousmane Dembele/Thomas Lemar), Antoine Griezmann; Kylian Mbappe, Karim Benzema (Olivier Giroud)

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia