Swiss Menang Atas Turki, tapi Gagal Duduk di Peringkat Kedua Grup A

Pemain Timnas Swiss, Xherdan Shaqiri - Twitter
21 Juni 2021 02:37 WIB Andhika Anggoro Wening Piala Eropa Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Swiss menundukkan Turki 3-1 di laga terakhir Grup A 2020 yang digelar di Stadion Olympia, Baku, Minggu (20/6/2021) malam berakhir 3-1.

Turki yang belum membuat gol dan mencetak angka langsung menggebrak di awal laga. Tendangan keras pemain tengah Kaan Ayhan di menit 4 berhasil dimentahkan dengan baik oleh kiper Swiss, Yann Sommer.

Turki yang keasikan menyerang malah kebobolan. Swiss unggul terlebih dahulu di menit 6. Striker Haris Seferovic yang tampil kurang maksimal di dua pertandingan awal berhasil membawa Swiss memimpin lewat tendangan keras dari luar kotak penalti.

Turki masih mencoba membalas gol ini dengan terus menekan pertahanan lawan lewat umpan daerah ke pertahanan Swiss.

Sommer lagi-lagi melakukan penyelamatan hebat dari serbuan pemain Turki, kali tendangan voli Mert Muldur di menit 18 diblok dengan brilian. Swiss masih mengandalkan serangan balik terutama lewat Seferovic dan Breel Emmbolo.

Swiss menambah keunggulan atas Turki menjadi 2-0 di menit 26. Xherdan Shaqiri melepaskan tendangan kaki kanan ke sudut kiri atas gawang Turki yang dijaga kiper Ugurcan Cakir.

Gol ini lewat pola yang sama seperti gol Seferovic. Sepertinya pola serangan ini khusus dipersiapkan oleh pelatih Swiss, Vladimir Petkovic.

Tiga menit kemudian Shaqiri mempunyai peluang emas. Sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper, sepakan pemain Liverpool ini bisa gagalkan Cakir dengan kakinya.

Turki terus membombardir pertahanan Swiss tapi kiper Sommer lagi-lagi melakukan penyelamatan gemilang mengantisipasi tendangan Muldur.

Hingga laga babak pertama berakhir, skor Swiss vs Turki tetap 2-0. Keadaan ini masih membuat Swiss berada di posisi tiga klasemen Grup A Euro 2020.

Masuk di babak kedua, Swiss langsung mendapat dua peluang lewat tendangan Steven Zuber dan Embolo, tapi bisa digagalkan oleh Ugurcan Cakir.

Swiss yang terus mendapat kesempatan di babak kedua belum bisa menyelesaikan peluang dengan baik terus Shaqiri yang mendapat umpan tarik dari Embolo.

Swiss membayar kesalahannya setelah gagal memanfaatkan sejumlah peluang yang didapatnya. Irfan Kahveci menjebol gawang Sommer untuk menipiskan ketertinggalan menjadi 2-1.

Kahveci menjebol gawang Sommer lewat tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti. Bola yang melengkung kesudut kanan gawang tidak bisa dijangkau tangan Sommer.

Turki kembali bertahan setelah gol ini, dan membiarkan Swiss mendominasi jalannya pertandingan.

Swiss akhirnya bisa unggul 3-1 atas Turki di menit 67. Lewat serangan balik cepat, Shaqiri menjebol gawang Cakir untuk kedua kalinya di laga ini usai menerima umpan tarik dari Zuber.

Kapten Swiss Granit Xhaka nyaris menjebol gawang Cakir di menit 73 tapi bola hasil tendangan bebasnya membentur mistar gawang.

Hingga wasit meniup pluit akhir, skor Swiss vs Turki bertahan 3-1. Hasil ini membuat Swiss masih berada di posisi tiga Grup A Euro 2020 karena kalah selisih gol dari Wales yang di laga lain kalah 0-1 dari Italia.

Susunan pemain Swiss vs Turki:

Swiss:

Turki:

Klasemen Grup A:

PWDLFAGDPo
Italy Italy 33007079
Wales Wales 31113214
Switzerland Switzerland 311145-14
Turkey Turkey 300318-70

P: Main, W: Menang, D: Seri, L: Kalah, F: Memasukkan. A: Kebobolan, GD: Selisih Gol, Po: Poin

Sumber : JIBI/Bisnis.com