Penonton Mbludus Wembley, Keamanan Stadion Dipertanyakan Jelang Final Euro 2020

Stadion Wembley.
10 Juli 2021 03:57 WIB Galih Eko Kurniawan Piala Eropa Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Menjelang digelarnya final Euro 2020, muncul laporan lemahnya keamanan Stadion Wembley di London menyusul adanya penonton tanpa tiket yang bisa masuk stadion.

Tak cuma itu, ada dugaan penonton yang tak punya tiket itu juga tidak terdeteksi bebas dari Covid-19 ketika Wembley jadi lokasi penyelenggaraan laga semifinal.

Football-Italia, seperti dikutip Harian Jogja, Sabtu (10/7/2021) dini hari WIB, mengabarkan kapasitas Wembley untuk laga semifinal sebanyak 66.000 tetapi yang hadir melebihi jumlah itu.

Dari laporan pandangan mata pundit Sky Sport Italia, Gianluca Di Marzio, ada lebih dari 70.000 penonton yang hadir di laga Inggris melawan Denmark.

Laporan terbaru dari Daily Mail menyebutkan stadion dibanjiri penonton yang bisa masuk tanpa memiliki tiket. Hal yang tidak mengejutkan mengingat ada penonton masuk lapangan ketika Italia merayakan kemenangan penalti atas Spanyol, berdasarkan keterangan Marco Verratti.

Situasi lebih mengkhawatirkan ketika para penonton itu tidak menjalani cek status Covid-19. Apalagi, RAI Sport mengumumkan komentator mereka, Alberto Rimedio, dan dua staf yang hadir di Wembley saat laga Italia melawan Spanyol kini dinyatakan positif Covid-19.

Penonton sebenarnya hanya boleh masuk ke Wembley apabila memiliki bukti sudah dua kali menjalani vaksin atau memiliki hasil negatif tes Covid-19.

Sebelumnya, suporter Italia sudah dilarang hadir di Wembley tetapi federasi sepak bola Italia sudah dijanjikan UEFA pemberian kapasitas untuk 1.000 penonton asal Italia.

Asalkan, 1.000 penonton asal Italia itu berada dalam zona penyekatan kedatangan dan hanya boleh berada di Inggris tidak lebih dari 12 jam.

Bila ingin menonton, mereka mesti memiliki surat negatif tes Covid-19 dan setelah kembali dari Inggris, menjalani karantina di Italia selama lima hari sejak pulang.