SD di Inggris Izinkan Muridnya Telat Masuk demi Final Euro

Timnas Inggris dan suporternya - Instagram @england
10 Juli 2021 20:17 WIB Chrisna Chaniscara Piala Eropa Share :

Harianjogja.com, LONDON—Fanatisme publik Inggris terhadap sepak bola memang sudah mengakar. Kegilaan itu pun berlipat ganda manakala mereka melihat Timnas Inggris lolos ke final Euro 2020. Tak hanya kelompok suporter yang bersiap mendukung Mason Mount dkk., para siswa sekolah dasar (SD) di Inggris tak kalah antusias menyambut duel negara mereka kontra Italia di Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari WIB.

Sebuah SD di Hartlepool, Inggris, Rossmere Primary School, bahkan mengizinkan muridnya terlambat masuk sekolah pada Senin waktu setempat demi final Euro 2020. Sekolah itu viral setelah memberi pengumuman lewat akun Facebook-nya. “Jika anak Anda penggemar sepak bola dan cenderung begadang sampai setelah pukul 11 malam pada Minggu [11/7/2021] untuk menonton final, maka biarkan mereka tinggal di tempat tidur sedikit lebih lama,” tulis Rossmere Primary School seperti dilansir Sport Bible, Jumat (9/7/2021).

Sehari-hari Rossmere memberlakukan jam masuk sekolah pukul 08.40 waktu London. Pihak sekolah lebih memilih mengizinkan muridnya telat hadir daripada sang murid akhirnya membolos atau uring-uringan. “Sekolah masih akan dimulai pukul 08.40, tetapi anak-anak yang tiba hingga pukul 10.30 tidak akan ditandai terlambat, dan mereka tidak akan melewatkan pelajaran apa pun,” sambung pihak sekolah.

Bukan tanpa alasan Rossmere membikin kebijakan yang cukup unik itu. Sekolah memahami antusiasme anak-anak yang ingin melihat tim nasionalnya berjaya setelah sekian lama. Kali terakhir Tiga Singa meraih trofi yakni saat memenangi Piala Dunia 1966. Ini juga final perdana Inggris di turnamen akbar setelah meraih gelar 55 tahun silam. Sekolah ingin anak asuhnya melihat sejarah yang akan ditorehkan Raheem Sterling dkk. “Sudah 55 tahun sejak Inggris mencapai final turnamen sepak bola besar, jadi biarkan mereka menonton, berbicara tentang pentingnya lagu kebangsaan, tentang kebanggaan dan ketahanan, dan mungkin kekecewaan,” tulis pihak Rossmere.

Rossmere tak menampik keputusan itu sempat mendapat sambutan negatif. Namun pihak sekolah mengangga kebijakannya merupakan yang terbaik untuk murid dan orang tua mereka. “Ini adalah kesempatan belajar,” jelas pihak Rossmere. Final Italia vs Inggris akan dimulai Minggu pukul 20.00 waktu London atau Senin pukul 02.00 WIB.